SC Penuh Warna Semakin Seru di SMP 87

SC Penuh Warna bersama Belia kini makin seru! Workshop kreatvitas membuat Pop Up Box ini diikut sekitar 30 siswi SMP 87 Jakarta Selatan.

See More »

Anda berada disini: Beranda / Seputar Sahabat

Perpustakaan Digital Pertama

Seputar Sahabat | 0 Komentar

Selamat Hari Buku Nasional Sahabat Cewek, tahukan kamu bahwa sekarang sudah ada perpustakaan digital pertama di Indonesia?

Kemarin tanggal 17 Mei 2016, iJakarta meluncurkan sebuah gerakan publik ‘Baca Buku Bareng’ yang bertujuan untuk meningkatkan budaya baca dimasyarakat. Gerakan ini didukung oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Smart City, Perpustakaan Nasional RI dan Yayasan Nusa Membaca.

Bapak Sopan Adrianto, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, mengatakan “Saat ini, Indonesia berada pada index 0,001 - artinya dari seribu penduduk, hanya ada satu orang yang memiliki minat baca yang tinggi (UNESCO, 2011). Dalam hal kemampuan literasi, fakta tersebut telah mendorong Provinsi DKI Jakarta mendeklarasikan diri sebagai provinsi literasi dan mengimplementasikan sejumlah program guna meningkatkan minat baca dan tulis peserta didik, termasuk melalui iJakarta dan gerakan ini”.

Gerakan “Baca Buku Bareng” sendiri merupakan kegiatan publik untuk membaca buku, mendiskusikan buku yang dibaca, dan berbagi buku digital dari warga untuk warga melalui iJakarta. Melalui gerakan ini, publik juga dapat memiliki perpustakaan (ePustaka) di iJakarta dengan koleksi buku sesuai dengan tema yang diinginkan dan bisa dipinjam oleh warga lain setelah menjadi anggota. Diharapkan dengan gerakan ini dapat merealisasikan visi Jakarta menjadi Smart City.

iJakarta sendiri lahir didorong tren penggunaan media sosial yang begitu masif dikalangan generasi muda, dimana Jakarta sendiri dinobatkan oleh Facebook dan Twitter sebagai salah satu kota dengan warga yang paling aktif menggunakan media sosial. Bapak Sulasmo Sudharno, founder iJakarta, menjelaskan, “iJakarta memadukan potensi dan kegemaran warga Jakarta berkegiatan di dunia maya, utamanya melalui media sosial, dengan pemenuhan kebutuhan warga akan informasi dan ilmu pengetahuan melalui buku yang berkualitas. Semuanya kini bisa dinikmati secara menyenangkan tanpa batas ruang dan waktu”.

Yang menarik lagi dari aplikasi iJakarta yang dapat diunduh melalui smartphone Android dan iOS ini adalah dapat melibatkan setiap individu, penulis, penerbit, tokoh masyarakat, komunitas maupun institusi/organisasi sesuai dengan kapasitas, kemampuan dan kesukaan masing-masing, dan siapapun bisa memiliki perpustakaan digital sendiri, bahkan dapat menyumbangkan buku favorit kepada perpustakaan pribadi, komunitas, ataupun sekolah. (dlo)

Komentar :


Nama
Email
Komentar

Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Wah...
Nama: Hani di Ayo Belajar Public Speaking!

Penasaran...
Nama: Tuty Queen di Vino G Bastian Jadi Sosok “Family Man”

Apakah...
Nama: Zoey Anderson di Jangan Jadi “Penyakitan” di Usia Produktif Akibat Rokok

Hubungi Kami