5 Inspirasi Gaya Mix And Match Hijab Di Bulan Ramadhan

Pasti selama bulan Ramadhan ini, Sahabat disibukkan dengan berbagai macam kegiatan bersama keluarga dan teman-teman sebaya. Entah acara buka bersama, bakti sosial dan juga sahur bersama. Berikut ini ada 5 inspirasi gaya yang bisa sahabat jadikan referensi untuk bergaya saat menghadiri acara selama bulan puasa.

See More »

Anda berada disini: Beranda / FYI Sahabat

Katakan Tidak untuk Bullying!

FYI Sahabat | 0 Komentar

“Ahh.., tampang pas-pasan gitu aja pake belagu, lo!”
“Eh, nggak usah temenan sama dia. Dia itu kan anak baru, cupu lagi…”
“Ish, gitu aja nggak tau. Gak gaul banget, sih, lo!”

Sahabat Cewek, pernah nggak mendengar ucapan-ucapan kasar yang mirip-mirip dengan kalimat di atas? Atau mungkin pernah secara nggak sadar kamu juga melakukannya? Hati-hati ya, bisa jadi kamu sudah menjadi korban bully atau bahkan pelaku bully.

Bullying adalah perilaku agresif yang tidak diinginkan yang melibatkan kekuatan fisik dan non-fisik yang tidak seimbang, biasanya terjadi di kalangan anak usia sekolah dan perilaku itu sering berulang atau berpotensi berulang. Bullying tidak kenal usia, namun memang lebih sering terlihat terjadi pada anak dan remaja.

Beberapa orang menganggap bullying hanya pada tindakan fisik seperti memukul, mendorong, dan sebagainya, padahal mengancam, menyebar gosip, mengata-ngatai, bahkan tidak menemani seseorang dengan tujuan tertentu pun termasuk dalam tindakan bullying.

Menurut stopbullying.gov, ada tiga tipe bullying, yaitu:
1.Verbal bullying – adalah mengucapkan atau menulis sesuatu yang menyakitkan, misalnya mengejek, komentar yang berbau seksual, mengancam, dan mengejek nama. Yang terakhir ini sering ditemui pada anak usia sekolah dasar.  Contohnya, nama bapak seorang siswa menjadi olok-olokan beberapa teman sekelas. Walau mungkin hal seperti ini tidak dianggap serius oleh teman-temannya, namun siswa tersebut pasti sangat marah dan sedih setiap kali beberapa teman memanggil-manggil dirinya dengan nama bapaknya. Kalau kita ikut memanggil nama bapaknya, kita ternyata juga menjadi bagian pasif dari bullying itu. Kamu jangan sampai seperti itu ya, sahabat cewek.

2.Social bullying – ini yang paling sering terjadi. Bentuk social bullying antara lain nyuekin seseorang dengan sengaja, misalnya dalam sebuah kelompok, ada satu orang yang sengaja dicuekin dan tidak diajak ngobrol. Tujuannya agar orang tersebut malu, merasa tidak berharga, dan seterusnya. Contoh lain adalah menghasut teman lain untuk tidak menemani seseorang, menyebarkan gosip tentang seseorang, dan mempermalukan seseorang di depan umum.

3.Physical bullying adalah menyakiti fisik seseorang dan atau merusak barang milik seseorang. Misalnya menendang, memukul, mencubit, mendorong, meludah, membuat gestur yang kasar, sampai merusak atau memecahkan barang milik seseorang.

Semoga setelah membaca uraian singkat di atas, kita bisa lebih hati-hati memperlakukan orang lain ya, dan jika kamu mengalami bully, jangan segan-segan untuk mengadukan hal ini kepada guru dan orang tua. Say NO to bullying! (YZL - www.zataligouw.com)

Komentar :


Nama
Email
Komentar

Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Wah...
Nama: Hani di Ayo Belajar Public Speaking!

Penasaran...
Nama: Tuty Queen di Vino G Bastian Jadi Sosok “Family Man”

Apakah...
Nama: Zoey Anderson di Jangan Jadi “Penyakitan” di Usia Produktif Akibat Rokok

Hubungi Kami